on Rabu, 05 September 2012


Apa yang sobat pikirkan ketika mendengar kata Hacker? pasti identik dengan kejahatan dunia maya. Contoh kecil ketika akun facebook sobat diambil alih orang lain dan gak bisa diakses sendiri, sobat langsung emosi dan memaki-maki dengan sebutan “HACKER SIALAN”.
Hacker atau “peretas” kalau menurut saya pribadi adalah sesuatu yang hebat, mereka sanggup meretas kode-kode pengaman dari berbagai sistem keamanan, jaringan atau situs di internet. Banyak film Hollywood yang menceritakan tentang ketangguhan seorang Hacker didunia maya. Pokoknya keren bnaget lah
Nah bagaimana kiprah para Hacker di Indonesia? Ternyata Hacker di Indonesia tidak kalah kemampuannya dengan Hacker diluar negeri. Inilah mengenal para Hacker Asli Indonesia.
1. Wenas Agustiawan, Sang Pendiri AntiHackerLink.
Sang pendiri Portal Lintas.me ini adalah seorang Hacker yang cukup disegani. Dia mendirikan AntiHackLink dan membuat Repo AtihanckLink sebuah aplikasi untuk iOS, Blackberry serta Mac.
Kiprahnya didunia jebol menjebol memang tidak diragukan lagi. Dulu dia pernah menjebol banyak situs, bahkan ada diantaranya situs yang berdomain sg. (Singapura) sebagai protes.
Terakhir dia berhasil menjebol keamanan situs data storage Institut Singapura. Ulah wenaspun terendus oleh pihak keamanan dan berhasil menagkapnya. Dia pun didenda uang sebesar Rp75 juta.
Namun sekarang ini Wenas Agustiawan telah tobat dan lebih fokus menggunakan kempuannya untuk hal yang positif. Wenas pun mendirikan perusahaan solusi teknologi informasi dengan nama PhaseDev (PT. Phase Solusindo). Selain itu dia juga menjadi freelancer di Kapanlagi.Com dan Kaskus.
2. Iwan Dharmawan
Iwan Dharmawan atau “Chikebum” adalah jebolah dari AntiHackerLink. Uniknya dari Iwan adalah, konon dia hanya tamatan kelas 2 SMP saja. Tapi keampuan Hackernya memang tidak diragukan lagi. Korbannya adalah Situs PLN dan Toserba Matahari serta situs-situs lainnya.
Diusianya yang baru 15 tahun, dia tertarik untuk belajar JavaScritp serta DHTML (Dynamic Hypertext Mark-Up Language). Dia juga mengatakan kalau dirinya sering jengkel pada para Hacker yang asal membobol saja. contohnya saat hacher suka menotak-atik halaman depan web tapi tidak bisa membuatnya kembali kesemula.
3. Rummy Taulu
Rummy Taulu atau Nick Name Hackernya CyberBug adalah seniornya para hacker di Kecoak Elektronik. Zaman Orde Baru dia dan temen-temennya aktif membobol situs yang bernuansa politik. Tak tanggung-tanggung, situs Polisi Republik Indonesia, Partai Golkar dan BPK pernah diobrak-abrik oleh Rummy dan rekan-rekan.
Tapi dalam setiap aksinya selalu diselipkan kata-kata kritik kepada penguasa saat itu, seperti menurunkan harga, pembebasan tahanan politik dll.
Kemampuan Hackernya didapatkan secara otodidak, dia Bergabung di Kecoak elektronik karena memang dia tertarik dengan Linux. Saat ini dia mengajar di Universitas De La Salle Manado. bahkan aktif sebagai konsultan keamanan di situs media online populer di Indonesia.
4. Ono W. Purbo (Pembuat Pemancar Wajah Bolic)
5. I Made Wiryana (Pemilik Indonesia.go.id)
6. Dani Firmansyah (Penjebol situs KPU)
7. S’to (Pemilik Jasacom)
8. Prasodjo (admin gauli.com) basecamp di Bandung
9. dan Tentara-Tentara Hacker Indonesia Lainnya.
Walau bagaimanapun, Hacker menurut saya bukanlah orang jahat jika tujuannya untuk hal kebaikan. Hacker bisa juga berperan penting dalam hal menjaga kedaulatan RI. Menangkal dan menyerang negara-negara yang berpotensi mengganggu kedaulatan RI.