on Jumat, 21 September 2012

 MENGAPA NASA MELAKUKAN PENELITIAN TERHADAP PLANET MARS, YANG MENGHABISKAN DANA TIDAK SEDIKIT

Para Ilmuwan NASA memiliki suatu program yang disebut The Mars Exploration Program's Science. Dimana para ilmuwan berusaha untuk memahami apakah Mars merupakan suatu planet yang dapat dihuni seperti planet bumi. Untuk mengetahui, para ilmuwan perlu memahami bagaimana geologi, proses iklim, dan hal-hal lainnya yang telah bekerja dalam membentuk planet Mars dan lingkungan dari waktu ke waktu. Serta bagaimana hal-hal tersebut berinteraksi sekarang.
Mars mirip dengan Bumi dalam banyak hal memiliki banyak sistem yang sama yang menjadi ciri planet bumi yang dihuni oleh kita, seperti ; Mars memiliki Atmosfer, Hidrosfer, Kriosfer, dan Litosfer. Dengan kata lain planet Mars memiliki sistem udara, air, es, dan geologi yang semuanya berinteraksi menciptakan lingkungan Mars.
Yang belum ilmuwan tahu yaitu apakah di planet Mars pernah adanya Biosfer dan bisa dikembangkan dan dipelihara Biosfer. - Suatu lingkungan dimana kehidupan bisa berkembang.


Earth and Mars




Empat tujuan para ilmuwan melakukan penelitian Planet Mars :
1. Kehidupan - Apakah kehidupan pernah ada di Mars.
Selama dua dekade mendatang, NASA akan melakukan beberapa misi untuk mengetahui apakah kehidupan pernah ada di Mars. Pencarian dimulai dengan menentukan apakah Mars pernah cocok untuk kehidupan.
Di Bumi, semua bentuk kehidupan membutuhkan air untuk bertahan hidup. Hal itu mungkin, meskipun tidak yakin bahwa jika kehidupan pernah berkembang di Mars. Karena itu para ilmuwan akan mencari bukti kehidupan di Mars, dimana air cair pernah stabil, dan dimana hal itu masih ada saat ini. Data terbaru dari Mars Global Surveyor menunjukan bahwa air cair mungkin ada tepat di bawah permukaan di tempat-tempat langka di planet ini, dan Odyssey 2001 Mars tentang pemetaan bahwa permukaan air waduk pada skala global. Para ilmuwan tahu bahwa air es hadir di kutub Mars, dan daerah-daerah tersebut akan menjadi tempat yang baik untuk mencari bukti kehidupan di Mars.
Selain itu juga para ilmuwan tahu bahwa sebagian besar atmosfer Mars terdiri dari karbon dioksida, jika mineral karbonat dibentuk pada permukaan Mars dengan reaksi kimia antara air dan atmosfer, kehadiran mineral-mineral ini akan menjadi petunjuk bahwa air telah hadir untuk waktu yang lama di Mars - mungkin cukup lama bagi kehidupan untuk berkembang.


2. Iklim - Karakterisasi iklik di Mars.
Prioritas utama para ilmuwan dalam ekplorasi Mars adalah pemahaman iklim sekarang, apakah iklimnya seperti di masa lalu, dan penyebab perubahan iklim dari waktu ke waktu.
Iklim Mars saat ini diatur oleh perubahan musiman es karbon dioksida, pergerakan jumlah besar debu oleh atmosfer dan pertukaran uap air antara permukaan dan atmosfer. Salah satu pola cuaca yang paling dinamis di Mars adalah Generasi badai debu yang umumnya terjadi pada musim semi dan musim panas selatan. Badai ini dapat tumbuh untuk mencakup seluruh planet. Memahami bagaimana badai ini tumbuh dan berkembang merupakan salah satu tujuan studi iklim di masa depan.


3. Geologi - Karakterisasi Geologi Mars.
Mengapa Mars menjadi planet yang kita lihat hari ini (padang gurun yang tandung, kering dan dingin)? Apa yang menyebabkan perbedaan dan persamaan antara Bumi dan Mars? Pertanyaan-pertanyaan ini akan ditangani dengan mempelajari geologi Mars.
Ilmuwan ingin memahami bagaimana peran relatif angin, vulkanisme air,tektonik, pembentukan kawah, dan proses lainnya yang telah membentuk dan memodifikasi permukaan Mars.
Sebuah penemuan terbaru oleh pesawat ruang angkasa Mars Global Surveyor area besar bahan magnetik di Mars menunjukan bahwa planet Mars pernah memiliki medan magnet seperti Bumi sekarang ini. Karena medan magnet umumnya berfungsi untuk melindungi planet dari banyak bentuk radiasi kosmik, penemuan ini memiliki implikasi penting bagi prospek untuk menemukan bukti kehidupan masa lalu pada permukaan Mars. Studi medan magnet kuno juga memberikan informasi penting tentang struktur interior, suhu dan komposisi mars di masa lalu. Kehadiran medan magnet juga menunjukan bahwa Mars pernah lebih dari sebuah planet mirip Bumi yang dinamis dari saat ini.
Dua belas meteorit Mars yang ditemukan di Bumi juga dapat memberikan petunjuk tentang planet ini. Pelajari lebih lanjut tentang Meteorit dari Mars oleh Johnson Space Center.


4. Eksplorasi Manusia - Mempersiapkan manusia untuk eksplorasi ke Mars.
Keselamatan Astronot untuk eksplorasi ke Mars. Keselamatan Astronot sangat penting untuk NASA. Mars tidak memiliki lapisan ozon, di Bumi lapisan ozon melindungi dari radiasi ultraviolet matahari yang mematikan. Yang akan menjadi pertanyaan kita untuk para ilmuwan adalah Bagaimana proses terbentuknya lapisan ozon? mengapa Bumi memiliki lapisan ozon? mengapa Mars tidak memiliki lapisan ozon? Apakah Mars pernah memiliki lapisan ozon? Apabila Mars pernah memiliki lapisan ozon, mengapa sekarang lapisan ozon di Mars tidak ada?
Ilmuwan tidak memiliki informasi yang baik tentang jumlah radiasi ultraviolet yang mencapai permukaan Mars. Sebuah pemahaman yang lebih rinci tentang lingkungan radiasi akan menyediakan informasi yang diperlukan untuk menilai efek radiasi ultraviolet pada astronot.
Wahana antariksa robot akan membuka jalan untuk manusai Eksplorasi ke Mars, untuk membuka jalan bagi eksplorasi manusai, Odyssey Mars 2001 akan mulai menganalisa lingkungan radiasi di Mars.


Referensi : NASA (National Aeronautics and Space Administration).


Mungkin setelah membaca artikel ini rekan-rekan Blogger akan sedikitnya memahami, mengapa NASA melakukan penelitian terhadap planet Mars dan mempunyai pendapat sendiri tentang itu. Jangan lupa centang dan komentarnya untuk memperkaya blog ini.