on Minggu, 23 September 2012



Gambar ilustrasi. (Foto: tripod.com)

LONDON  - Orang akan mengerahkan berbagai upaya untuk sesuatu yang sangat diminatinya.

Seperti yang dilakukan Peter Jalowiczor, karena tidak memiliki teleskop, pecinta Astronomi asal Inggris ini memanfaatkan dua unit komputer rumahan untuk menemukan empat planet asing.   

Jalowiczor mengatakan bahwa ia menggunakan dua buah komputer rumahnya dan menghabiskan waktu selama tiga tahun, untuk menganalisa data yang dirilis oleh Lick-Canegie Planet Search Team dari University of California, Santa Cruz, California. Demikian seperti diberitakan Cnet, Rabu (1/6/2011).

Peter Jalowiczor, menggunakan spectroscopy Doppler untuk melacak planet yang lokasinya terlalu jauh, untuk dilacak dengan menggunakan teleskop.

"Saya melihat pada perubahan perilaku di bintang-bintang, yang hanya bisa disebabkan oleh planet atau planet yang mengitari mereka"
"Begitu saya bisa mengidentifikasinya, saya akan mengirimkan informasi detilnya ke Lick-Canegie Planet Search Team di Santa Cruz," jelas Jalowiczor.

"Jika planet mengorbit pada sebuah bintang, maka itu akan menyebabkan sedikit goyangan pada pergerakan bintang tersebut"
"Goyangan tersebut terlihat pada cahaya bintang tersebut," tambah Jalowiczor.

Berkat ketekunannya, Jalowiczor pun diganjar penghargaan. Empat planet yang berhasil ditemukan olehnya diberi nama HD31253b, HD218566b, HD177830c, dan HD99492c.