on Sabtu, 29 September 2012

Saat kita baru saja membuat website, tentu berharap website segera masuk dalam hasil pencarian search engine. Muncul di hasil pencarian Search engine sebenarnya tidak sulit, dengan sendirinya website Anda akan terdaftar di search engine, tetapi bila Anda tidak melakukan apa-apa, maka website Anda akan lebih lama terdaftar di search engine. di sini saya akan menjelaskan tentang trik seo sederhana ,bagaimana membuat website lebih cepat dikenali dan di-index oleh Google dan Search engine raksasa lainnya, seperti Yahoo, Bing/ MSN dan Baidu ( Search Engine dari Cina).

Google

1. Kunjungi web Google Webmaster, namun anda harus mempunyai mendaftar dan membuat email Gmail terlebih dahulu.

2. Daftarkan alamat website anda dengan sebelumnya meng-klik tombol "Add a site". Setelah itu klik tombol "Continue".
3. Setelah itu Anda harus meverifikasi alamat website anda tersebut dengan menggunakan salah satu dari dua metode :

a. Sisipkan Meta Tag : script semacam ini <meta name="google-site-verification" content="qIEHZEHri_RSYAAmErAOx201pEl5twdnjGtSj57s79Q" /> harus anda sisipkan bersamaan dengan script meta-tag yang lain(seperti meta-keyword dan meta-description).Tempatkan di tag <head>..</head> dan bukan di <body>...</body>

b. Upload suatu file HTML sebagai verifikasi, contohnya file googlef1535971c21404b6.html. Anda harus menaruh file tersebut di dalam public_html/ root folder pada hosting website Anda.

# Untuk lebih mudahnya pilih cara yang kedua. File Verifikasi HTMLnya telah disediakan, sehingga Anda hanya tinggal download saja serta menaruh file tersebut di dalam public_html/ root folder pada hosting website Anda. Setelah menaruh file tersebut, klik VERIFY. Biasanya membutuhkan waktu antara beberapa menit sampai kadang kala berhari-hari untuk memproses, tergantung kesibukan Google saat itu.







4. Setelah berhasil diverifikasi, buat Sitemap untuk alamat website yang telah Anda daftarkan. Anda bisa pakai Sitemap Generator yang tersedia di internet.

5. Upload file sitemap.xml ke public_html/ root folder pada hosting website Anda.

6. Daftarkan sitemap Anda dengan menekan link "Submit a Sitemap".

7. Kemudian Anda akan dibawa ke dalam halaman baru. Klik tombol "Submit a sitemap". Masukkan lokasi sitemap Anda. Misalnya : http://www.siteanda.com/sitemap.xml. Klik Submit Sitemap.




Dalam hitungan menit dan paling lama 1 jam, Website Anda akan ditelusuri oleh Google dan sitemap anda diverifikasi.

Yahoo

- Kunjungi Site Explorer Yahoo. Anda harus memiliki registrasi/ login terlebih dahulu. Setelah itu, akan muncul menu sebagai berikut:



- Klik tombol "Add My Site" dan isikan alamat website anda.

- Setelah itu, anda harus memverifikasi alamat anda. Pilihan yang tampil seperti pada Google, yaitu upload file html atau sisipkan script meta-tag. Saya memilih yang pertama.

Biasanya paling lama 24 jam, website anda langsung diverifikasi.
Bing/MSN

Kunjungi http://webmaster.live.com/ atau http://www.bing.com/webmaster sebagai Halaman Webmaster Bing, namun Anda harus registrasi/login terlebih dahulu. Setelah anda telah registrasi/login, maka akan muncul halaman sebagai berikut:






Sekali lagi, Anda harus mendownload File XML Verification ke dalam public_html atau root folder. Atau menyisipkan script Meta tag authentication sederet dengan Meta tag yang lain. Saya biasanya memakai cara yang pertama.

Atau cara lainnya untuk submit website Anda secara langsung tanpa melalui webmaster Bing/MSN, kunjungi http://www.bing.com/docs/submit.aspx. Anda hanya tinggal memasukkan alamat website anda dan verifikasi spam saja :) seperti berikut ini:


Baidu

Kunjungi http://baidu.com/search/url_submit.html
selesai... selamat mencoba :)

sumber : metadesain.com