on Sabtu, 29 September 2012


Tahukah anda kota dengan biaya hidup termahal di planet bumi? Bukanlah New York, bukan juga London, Tapi sebuah kota yang ada di Afrika, dan anda mungkin belum pernah membayangkannya.

Dikutip dari situs Moneyland, Rabu (19/9/2012), terdapat 10 kota dengan biaya hidup termahal yang ada di dunia. Penasaran apa saja kota kota itu? Klik di bawah untuk melihat.

10. Sao Paulo

Kota di Brasil ini masuk ke dalam daftar kota termahal di peringkat ke 10. Seiring dengan Brasil meneruskan pertumbuhan ekonomi dan politiknya, Sao Paolo pun melakukan hal yang sama. Tahun ini, Sao Paolo meloncat naik 11 peringkat dari peringkat sebelumnya. Mata uang Brasil menguat secara signifikan melawan dolar AS.

9. Hongkong

img
Harga sewa properti yang mahal telah menjadikan Hongkong masuk ke dalam salah satu kota termahal di dunia. Pasokan dari properti sendiri dilaporkan menurun, dan beberapa agen real estate mengestimasi bahwa harga sewa telah naik 20%, menurut Jurnal Wall Street.

8. Singapura

img
Kota di Asia Tenggara ini masuk ke peringkat ke 8 kota termahal di dunia. Peringkat ini naik 10 peringkat dari sebelumnya. Singapura ialah salah satu kota dengan pertumbuhan pasar ekonomi tercepat di dunia, Singapura telah menguatkan mata uangnya dan menaikkan harga jual huniannya.

7. Zurich

img
Zurich masuk ke dalam daftar di peringkat ke 7. Saat ini, Zurich naik satu tingkat dalam hal biaya hidup, walaupun beberapa kota di Eropa lainnya masih menjaga kestabilan biaya hidupnya masing-masing.

6. Osaka

img
Osaka merupakan salah satu kota kunci di Jepang. Osaka tumbuh subur dalam batas geografis, mendorong harga perumahan ke tingkat yang sangat tinggi.

5. Jenewa

img
Di peringkat 5 terdapat ibukota negara Swiss yaitu Jenewa. Jenewa merupakan kota termahal di Eropa. Walau demikian, biaya hidup di kebanyakan kota di Eropa Barat tetap stabil pada tahun terakhir kemarin.

4. Moskow

img
Ibukota Rusia ini selalu berada di peringkat 4 besar dalam daftar kota termahal di dunia setiap tahunnya. Moskow disebut-sebut sebagai kota yang memiliki miliuner terbanyak dibanding kota-kota di dunia lainnya. Kekayaan minyaknya serta inflasi menjadikan kota ini menjadi kota termahal.

3. N'Djamena, Chad

img
Chad telah negalami pertumbuhan ekonomi yang sangat kuat sejak tahun 2000, saat kota ini menjadi kota pengekspor minyak terbesar setelah membuat konsorsium dengan 3 perusahaan minyak asing.

2. Tokyo.

img
Ibukota Jepang ini masih berada di peringkat 2 walaupun harga dan biaya apartemen di kota ini telah menurun sejak 2008, dan walaupun negaranya mengalami gempa dan tsunami pada tanggal 11 Maret beberapa waktu lalu.

1. Luanda

img
Kota ini terletak di negara Angola. Siapa menyangka kota ini berada di peringkat teratas kota termahal di dunia. Kota di sepanjang Pantai barat Afrika ini telah dibanjiri pekerja dan para eksekutif sejak Angola menjadi sub-saharan dan penghasil minyak terbesar di Afrika