on Selasa, 18 September 2012
Tidak hanya di Teritip Balikpapan dan Medan saja penangkaran buaya yang dijadikan tempat wisata itu berada. Di daerah Subang, Serang, bahkan yang dekat dengan Jakarta yaitu Cikarang terdapat juga tempat penangkaran buaya. Tanpa panjang lebar mari kita lihat satu persatu seperti apa ketiga tempat tersebut.

1.Wana Wisata Buaya Blanakan Subang
Obyek wisata dengan lahan seluas 1,5 ha yang berada di  wilayah Hutan Tegaltangkil ini dihuni kurang lebih 300-an ekor buaya muara jantan dan betina dengan habitat lengkap menyerupai dengan habitat aslinya di sana.

Penangkaran buaya yang telah berdiri puluhan tahun ini terdiri atas beberapa bagian, yaitu kolam utama, kolam pembesaran bayi buaya, kolam pembesaran untuk buaya usia 3-6 tahun, kolam buaya usia di atas 6 tahun dan kolam untuk perkawinan.

sumber foto: www.deeadewie.files.wordpress.com
Fasilitas dan Atraksi
Untuk fasilitas dan atraksinya tidak berbeda dengan tempat penangkaran buaya lainnya. Atraksi dipertunjukkan oleh pengelola tempat ini berupa  suguhan atraksi buaya asal Kalimantan bernama Jack dan Baron dari atas balkon, saat menyantap bebek  yang diberikan oleh pihak pengelola melalui pawang yang sudah terlatih. 

Buaya-buaya yang turut serta dalam atraksi di kolam utama itu, termasuk Jack dan Baron adalah buaya yang sudah berumur tua dan menjadi indukan bagi anak-anak buaya selama tempat penangkaran ini berdiri.

Di sana tidak hanya ada kolam-kolam yang berisi buaya saja, tetapi juga tersedia tempat makan yang dapat mengisi perut anda di kala rasa lapar mulai memanggil setelah Anda berkeliling melihat buaya-buaya. Anda dapat menyantap aneka hidangan khas Blanakan seperti Ikan Bakar Etong, cumi dan kepiting  di restoran-restoran yang berdiri di sekitar tempat penangkaran.  

Berhubung lokasi penangkaran buaya ini dekat dengan laut, anda pun dapat menyusuri pesisir laut Blanakan sampai dengan Patimban dengan menggunakan jasa penyewaan kapal boat yang telah disediakan di sana. Selain itu waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada Oktober-November karena pada bulan tersebut biasanya masyarakat setempat mengadakan pesta laut.

sumber foto: www.shinefikri-fisabilillah.blogspot.com
Lokasi
Lokasi penangkaran buaya ini berada di wilayah Kab. Subang bagian utara, tepatnya di jalur Pantura. Waktu tempuh dari kota Subang sekitar 60 menit, dari Bandung sekitar 2,5 jam dan dari Jakarta via Pantura sekitar 3 jam.

Tarif masuk ke tempat ini cukup murah yaitu tak lebih dari Rp.15.000, plus tiket berwisata ke Hutan Manggrove yang tak jauh dari lokasi penangkaran.





2. Taman Buaya Cikarang atau Taman  Buaya Indonesia Jaya
Berbeda dengan taman buaya Blanakan yang hanya dihuni 300-an ekor buaya saja, jumlah taman buaya di Cikarang ini dihuni lebih banyak yaitu kurang lebih 500-an ekor buaya. Dilihat dari banyaknya jumlah buaya yang ada di tempat ini menjadikan Taman Buaya Cikarang menjadi salah satu penangkaran terbesar selain tempat penangkaran buaya di Medan

Koleksi buaya di taman buaya ini kebanyakan adalah Buaya yang berasal dari Sumatera. Selain itu juga ada pula buaya Albino, Buaya Buntung, Buaya Muara, Buaya Irian, Buaya air payau dari Kalimantan, dan yang lain-lainnya.

Di sini Anda dapat melihat-lihat buaya dalam jarak yang dekat dan hanya disekat oleh pagar yang tingginya hanya sekitar 1.5 meter dengan jarak 1 meter dari kandang.

Fasilitas dan Atraksi
sumber foto: www.daengbattala.com
Tak lengkap memang jika di tempat penangkaran buaya tidak menyuguhkan berbagai macam atraksi dan fasilitas. Pun di tempat ini juga dilengkapi dengan itu, taman buaya ini melengkapinya dengan taman bermain untuk anak-anak, sarana untuk bersantai dan tak ketinggalan panggung hiburan.

Panggung hiburan ini pada hari-hari tertentu misalnya hari minggu atau hari libur, dipertunjukan atraksi pawang yang bermain-main dengan buaya. Jadi ada baiknya jika anda berkunjung pada hari minggu atau hari libur.


Lokasi
Taman buaya ini berada di Desa Suka Ragam, Serang, Kabupaten Bekasi dan Ingin menuju ke sana jika anda dari Jakarta, masuk ke tol Cikampek dan keluar di pintu tol Cikarang Barat. Belok ke kanan ke arah Cibarusah.  kurang lebih 11 Km, taman buaya ini adanya sebelah kanan jalan.

Untuk tiket masuk Taman Buaya Indonesia Jaya ini untuk dewasa sebesar Rp 12.000 dan untuk anak-anak Rp 6.000. Sedangkan bagi anak-anak  yang usianya masih di bawah 3 tahun, gratis untuk masuk ke taman. (berbagi sumber)