on Jumat, 25 Maret 2011
Jantung berdebar atau dalam bahasa kedokteran disebut takikardi jika oleh suatu keadaan denyut jantung melebihi 100 kali per menit. Banyak hal yang bisa menyebabkan jantung berdebar seperti masalah sirkulasi darah, tekanan darah tinggi atau kolesterol, kekurangan kalium dan aritmia.

Gejala jantung berdebar antara lain rasa tidak nyaman di dada, sulit bernafas, detak jantung tidak teratur, nyeri dada, dan kepala terasa ringan. Pada kondisi serius perlu penanganan dokter segera, namun sebelum ke dokter atau pada gejala ringan anda dapat melakukan hal hal sebagai berikut:

Hindari Stimulan

Stimulan dapat merangsang denyut jantung dengan cara mempercepat metabolisme dan melepaskan adrenalin. Jadi, hindari dengan pasti kopi atau teh berkafein, minuman bersoda, minuman berenergi, dan obat obatan yang mengandung kafein.

Konsumsi Kalium


Kadar kalium yang rendah pada darah akan menyebabkan takikardi, jadi jika anda merasa kurang mengkonsumsi kalium dalam makanan, cobalah minum multivitamin atau suplemen yang mengandung kalium. Makanan yang mengandung kalium dalam jumlah besar yaitu pisang, kentang, padi dan sayuran.

Meditasi

Meditasi adalah kemampuan untuk mengendalikan pikiran dan fungsi tubuh dengan cara berkonsentrasi pada salah satu diantaranya sehingga tercapai hal hal yang menenangkan. Dengan belajar bagaimana cara relaksasi maka anda juga belajar menurunkan denyut jantung.

Jangan Cemas

Kecemasan juga membuat tubuh melepaskan adrenalin yang menyebabkan denyut jantung berdetak lebih cepat.

Makanlah Serat

Jika anda mengalami takikardi yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau masalah sistem sirkulasi yang lain maka anda harus mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat. Serat ini akan mengikis lapisan lemak pada pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Minumlah juga air yang cukup dan hindari mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh.

Olah Raga

Olah raga ringan yang dilakukan secara bertahap sangat bagus untuk menguatkan otot otot jantung. Tapi ingat, jangan melakukan olah raga yang berlebihan karena malah tidak baik untuk jantung dan rawan terkena serangan jantung.