on Jumat, 25 Maret 2011
Kanker usus besar adalah salah satu jenis kanker yang dapat dicegah. Berikut beberapa perubahan perilaku yang dapat menghindarkan anda dari kanker usus besar:

1. Perbanyak makan sayur

Hampir semua tahu kalau kita memang harus banyak makan sayur. Sebuah penelitian menyebutkan, dengan banyak makan sayur akan mencegah terjadinya kanker usus besar hampir setengahnya. Mulai saat ini, hidangkanlah selalu sayur di meja makan anda.

2. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan nitrat

Termasuk ke dalamnya makanan kaleng, hot dog dan lain sebagainya. Lemak jenuh berhubungan dengan peradangan, sementara nitrat bersifat karsinogenik atau penyebab kanker.

3. Makanlah ayam


Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi ayam tanpa lemak dalam beberapa minggu dapat menurunkan resiko kanker jinak usus besar sebanyak 21% dan kanker ganas usus besar sebanyak 39%. Menurut penelitian tersebut tampaknya mineral selenium-lah yang berperanan. Bagi yang vegetarian, beras merah merupakan sumber selenium yang bagus.

4. Makan magnesium yang banyak

Penelitian menyebutkan, magnesium dapat mencegah kanker usus besar sebanyak 41%. Beberapa sumber magnesium antara lain, biji bunga matahari, sayuran berwarna hijau gelap, dan lain lain.

5. Makan banyak serat

Buncis dan padi padian merupakan sumber serat yang bagus. Serat membantu usus tetap bergerak sehingga racun atau toksin yang ada disana cepat terbuang.

6. Tambahkan kunyit pada bumbu masakan


Kunyit menurut sebuah penelitian dapat menurunkan resiko kanker usus besar sebanyak 25%. Kunyit juga mampu membunuh kuman H. pylori yang menyebabkan maag dan kanker usus besar.


copas from : Medisiana dot com