on Selasa, 15 Mei 2012
Sambungan tulisan di bawah, sekarang beranjak ke tengah pulau Jawa tepatnya di daerah Yogyakarta di sana bersemayamlah Gua Jepang. Namanya masih tetap yaitu gua Jepang yang terletak Kaliurang, Sleman. Gua ini berada di ketinggian bukit jadi apabila ingin kesana harus siapkan stamina dan tenaga yang cukup untuk mendaki sejauh 1 kilometer untuk menemukan gua-gua itu. Untuk ke Gua Jepang Kaliurang, kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Jogja

sumber foto:www.fhetanblog.wordpress.com
Menanjaknya rute tak jadi soal karena udara yang dingin membuat rasa lelah menjadi sedikit berkurang, apalagi ditambah dengan  pemandangan alam Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gardu Pandang, suasana kota Yogyakarta dan yang lainnya.

Gua ini sama seperti Gua Jepang lainnya yang merupakan sisa-sisa dari masa penjajahan Jepang yang dibangun dengan menggunakan tenaga rakyat Indonesia yang dipekerjakan paksa oleh Jepang. Ceritanya pada zaman dahulu selain digunakan oleh Jepang, tentara Belanda pernah juga memakai goa ini sebagai tempat tinggal mereka.

Sekarang tinggalkan Jawa Tengah dan menuju Jawa Timur, disana ada sebuah Gua yang bernama Gua Jepang Bandealit yang terletak di ketinggian 200 m. Jarak nya sih cukup jauh yaitu sekitar 60 km arah selatan kota Jember. Gua Jepang ini merupakan ini salah satu saksi sejarah di tempat ini ( Taman Nasional Baluran ) pernah terjadi pertempuran sengit antara tentara republik Indonesia dengan tentara republik Jepang.

Lantaran tak seimbang kekuatannya banyak tentara republik Indonesia yang gugur sehingga tempat ini disebut Batangan. Gua Jepang ini memiliki luas sekitar 12 m2 ini terbagi atas 2 ruangan. Ruangan bagian utara yang dipergunakan sebagai tempat menyimpan amunisi, sedangkan ruangan bagian selatan berfungsi sebagai celah pengintai musuh

Nah, di depan gua ini juga terdapat tumpukan batu yang merupakan perlindungan saat penyerangan musuh, jikalau musuh mau memasuki Teluk Bandealit. Keadaannya masih tersusun rapi. dari Goa Jepang Teluk Bandealit dapat terlihat secara keseluruhan.

Masih di timur Indonesia, Goa Jepang juga ada di Bali tepatnya di daerah Klungkung. Mau kesana cukup berkendara  lebih kurang 6 km dari arah barat Kota Semarapura dan memerlukan waktu kurang lebih 80 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Bagaimana kalau dari arah Denpasar? Ya berkendara lah kira-kira 43 km jarak tempuh perjalanan dari kota itu

sumber foto:www.paketbalimurah.files.wordpress.com
 Goa ini sendiri terdiri atas 16 buah lubang dengan kedalaman 4 meter, dua diantaranya tidak berhubungan satu dengan yang lainnya, yaitu satu buah terletak di ujung selatan dan satu lagi diujung sebelah utara, sedangkan yang lainnya berhubung-hubungan dan dihubungkan oleh sebuah gang memanjang arah Utara Selatan.

Setali tiga keping dengan gua-gua di atas, gua ini juga dibangun oleh tentara Jepang untuk mempertahankan diri dari serangan tentara sekutu pada masa pendudukan Jepang. Goa semacam ini, tetapi hanya terdiri atas sebuah lubang yang besar juga terdapat di Desa Suana Kecamatan Nusa Penida yang dimaksudkan untuk tempat pengintaian lalu lintas laut di Selat lombok. (berbagai sumber)