on Rabu, 02 November 2011
TAMAN PINTAR


Tempat wisata Jogja yang satu ini memang jarang di temukan di kota lain, selain unik dan menarik tempat ini juga sangat mendidik  anak-anak ( dewasa juga termasuk..haha). Bagi warga Jogja atau bagi yang pernah berkunjung, mungkin tempat ini sudah tidak asing lagi, Tapi bagi yang belum tahu, mungkin masih penasaran.

Taman Pintar, ya itulah nama obyek wisata nya, Dari segi namanya saja , mungkin para pembaca sudah bertanya-tanya. “ Masak..!! Taman kok pintar? Apakah jika kita masuk taman itu, kita langsung jadi pintar? Mari kita cari tahu apa itu Taman Pintar.


TAMAN PINTAR
berlokasi sebelah timur jalan Malioboro Jogjakarta atau bersebelahan dengan benteng Vredeburg. Taman yang di bangun atas prakarsa (mantan) walikota Yogyakarta Bp. Herry Zudianto,SE.Akt, MM, dan dibangun di atas lahan seluas 12.000 meter persegi ini,terdapat beberapa zona dengan bermacam wahana bermain dan belajar yang disertai alat peraga IPTEK.

Jadi , TAMAN PINTAR bukanlah sekedar taman untuk bermain, akan tetapi sini pengunjung  dapat menyaksikan dan mempelajari berbagai ilmu dasar fisika maupun pengetahuan Tekhnologi  terkini dalam praktek  secara langsung.
Taman Pintar memiliki beberapa Zona, Yaitu:

1.ZONA PLAYGROUND (OUTBOND)

Begitu memasuki pintu gerbang utama,  Pengunjung langsung disambut oleh zona Playground  atau playground Arena. Jalan masuk dari pintu gerbang terpecah menjadi 2 oleh sebuah koridor yang terdiri atas 3 tiang berbentuk segitiga. 

TAMAN PINTAR


Dan Di ujung koridor ada sebuah gong bertuliskan "Gong perdamaian Nusantara (sarana persaudaraan dan pemersatu bangsa)". Di sekeliling gong tersebut terdapat  logo dari semua propinsi dan kabupaten yang ada di seluruh Indonesia.





TAMAN PINTAR


Di  zona ini, para pengunjung anak-anak banyak yang bermain dan mandi  di sebuah kolam yang ada air mancurnya, ada juga Permainan cakram warna /Cakram Spektrum Warna,  dinding berdendang, Parabola Berbisik, desaku Permai, Sistem Katrol, Rumah pohon, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, dan bermain  Pasir . 



TAMAN PINTAR
pinjem anak saudara


Dan Khusus di area Cakram Warna,  anak-anak dapat belajar tentang munculnya warna maupun proses terjadinya pelangi. Semua wahana bermain yang ada di Zona ini, semuanya gratis.tis

TAMAN PINTAR
lapan
2.GEDUNG PAUD

Bagi pengunjung yang punya balita atau anak usia dini, di TAMAN PINTAR ada tempat bermain khusus bagi anak  Usia dini. Tempat ini memang di desain khusus bagi anak usia dini. Dan banyak dari pengunjung , Khususnya ibu-ibu yang memanfaatkan tempat ini untuk memberi hiburan  sekaligus memberi makan atau menyuapi putra putri mereka.


3.GEDUNG MEMORABILIA

Gedung Memorabilia terdapat di sebelah barat Area Taman Pintar. Di tempat ini para pengunjung dapat melihat  miniatur bangunan keraton Yogyakarta secara detail dan menyeluruh, ada pula foto raja-raja dari Keraton Yogyakarta, mulai dari Hamengkubuwono I sampai dengan raja yang sekarang bertahta, Yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X.


TAMAN PINTAR
istri numpang tenar

Selain foto para raja, di tempat ini pula terdapat foto tokoh-tokoh Pendidikan di Indonesia, dan juga foto-foto Presiden  yang pernah memimpin NKRI, mulai dari Sukarno sampai dengan presiden SBY. Selain itu di tempat ini juga terdapat alat peraga yang berhubungan dengan sejarah kemerdekaan RI. Dan hal-hal yang berhubungan dengan Jogja, bisa kita jumpai di tempat ini.

4.GEDUNG OVAL DAN KOTAK

Perlu diketahui oleh para pembaca, bahwa semua yang ada di gedung Memorabilia di atas sebenarnya hanya pengantar atau istilahnya pemanasan saja dari seluruh Zona  yang ada Taman Pintar. Memasuki Zona ini, Para pengunjung langsung melewati lorong bawah air, mirip Sea World (tapi mini).

TAMAN PINTAR
oval
Setelah itu para pengunjung dapat menyaksikan berbagai macam ilmu pengetahuan dan tekhnologi  walau di sajikan dengan saangat sederhana. Dan kita diperbolehkan mencoba semua wahana dan bila perlu kita bisa meminta bantuan kepada petugas yang selalu ramah menyapa pengunjung.

Disini kita akan dipaksa berfikir dan mengingat-ingat  (secara sukarela) pelajaran dari SD maupun SMP/SMU yang pernah kita dapatkan. Apa itu Gaya Pegas, Gaya listrik, Gaya Magnet, Simbosis,    Fotosintesis, kenapa terjadi Gerhana, dan masih  banyak lagi ilmu pengetahuan alam lainnya. Tak ketinggalan pula tekhnologi terbaru yaitu seputar komputer  dan Internet.

Di semua sisi dinding , terdapat foto-foto para ahli Astronomi , fenomena alam, benda langit, dan bagian atas terdapat alat peraga sistem tata surya yang berisi Matahari beserta planet-planetnya.

Hal yang tidak kalah menarik yaitu adanya wahana simulasi gempa, Pengunjung bisa merasakan Gempa bumi sesaat, dan hal apa yang harus dilakukan untuk meminimalkan korban. Dan tepat di sebelahnya terdapat alarm peringatan dini terhadap Tsunami dimana kita dapat melihat proses terjadinya tsunami dan proses mengapa alarm tsunami biasa berbunyi jika terjadi Tsunami.

Sekarang kita menuju pintu keluar, Dan sebelum pengunjung benar-benar keluar dari Gedung ini, Ada lagi  satu tempat  yang sayang untuk di lewatkan , Yaitu Bioskop 3 dimensi. Dini pengunjung dapat menikmati tayangan film 3 dimensi dengan durasi 15 menit.

Di pintu keluar, kita disambut dengan deretan toko buku yang sudah sangat tekenal di jogja, biasa di sebut shoping center, disini ditawarkan berbagai macam buku dari berbagai disiplin ilmu.

 INFO  TIKET

1.PAUD(khusus 2-7 Thn)
   Anak         : Rp  2.000,-
2.MEMORABILIA.OVAL. KOTAK
   ANAK       : Rp    8.000,-
   DEWASA  : Rp  15.000,-

 

3.BIOSKOP 3D
   Umum      : Rp 20.000,-
   Pelajar/rombongan : Rp 15.000,-
   Sumber:www.tamanpintar.com