on Sabtu, 15 Oktober 2011

A. Profil
Pulau Komodo terletak di sebuah selat antara Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Mencakup tiga pulau besar yaitu  Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil dengan wilayah darat seluas 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

Secara administratif kawasan ini terletak di dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional yang ditetapkan sebagai kawasan pelestarian hutan oleh menteri Kehutanan dengan luas 132.572 Ha ini pada awalnya dibentuk dengan tujuan melestarikan spesies komodo atau kadal raksasa  yang unik dan langka.

Sebenarnya daya tarik Taman Nasional Komodo tidak semata-mata oleh kehadiran Komodo belaka. Namun juga didukung oleh Wisata bahari misalnya, memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan. Sedangkan di daratan, potensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking, dan camping. Mengunjungi Taman Nasional Komodo dan menikmati pemandangan alam yang sangat menawan.


Komodo yang dikenal dengan nama ilmiah Varanus komodoensis adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Oleh penduduk setempat, komodo kerap disebut Ora.

Di pulau ini, wisatawan dapat melihat langsung hewan komodo yang merupakan spesies kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjang tubuhnya. Komodo dipercaya sebagai sisa binatang purba Dinosaurus yang masih hidup. panjang komodo dapat mencapai 3 meter dengan berat bisa mencapai 140 kg.

Wisatawan juga dapat menyaksikan berbagai aktivitas hewan langka ini, seperti perkawinan komodo yang terjadi antara bulan Mei hingga Agustus; komodo tengah menyantap rusa, kambing, babi dan menyaksikan komodo berjemur di sepanjang jalanan dan di cabang pepohonan pada pagi hari.

Untuk melindungi komodo dari kepunahan, maka pada tahun 1980 pemerintah menjadikan Pulau Komodo sebagai Taman Nasional Komodo. Enam tahun kemudian, yakni tahun 1986, taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. 



B.PULAU KOMODO go to new7Wonders

Setelah tepilih menjadi duta komodo di new7wonders, bapak Jusuf kalla langsung bergerak cepat dengan mengunjungi secara langsung pulau komodo, dan langsung mencari dukungan kepada semua pihak di Indonesia, termasuk pengusaha, seluruh rakyat Indonesia, bahkan Bapak presiden  Susilo Bambang Yudoyono pun ikut di ajak memenangkan pulau komodo menjadi new7wonders.


Jika pulau Komodo terpilih dalam new7wonders, maka dapat dipastikan Wisatawan lokal maupun mancanegara dengan sendirinya akan berkunjung ke pulau eksotik di Nusa Tenggara Timur itu.Terpilihnya Taman Nasional Pulau Komodosebagai New7Wonders secara otomatis akan  meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang hidup di sekitar pulau-pulau yang didiami hewan langka komodo.

Gerakan dukungan kepada pulau komodo mendapat respon dari banyak pihak, termasuk para operator seluler, dengan diluncurkannya sms premium murah.Yang dulunya Rp 1000,-/sms. 
Mulai tanggal 15 oktober kemarin, Biaya per sms hanya Rp 1,-. Dengan demikian tentu akan semakin banyak   masyarakat Indonesia yang akan ikut mendukung vote sms ini. Bahkan menurut pengalaman saya pribadi yang telah mengirimkan vote sms KOMODO, untuk operator siMerah, siKuning, dan siBiru biaya nya Rp 0,- alias gratis.

Saya hanya bisa berandai-andai, jika Bapak Presiden serius dan turut serta dalam mendukung pulau Komodo di ajang new7wonders, maka saya bisa memastikan pulau komodo akan menang dan masuk  dalam new7wonders tahun ini.
Sebagai Presiden, semua Instruksi maupun Himbauannya akan sangat berpengaruh dan di dengar oleh seluruh komponen bangsa. Sebenarnya Bapak Presiden cukup memberi himbauan kepada para menteri-menteri dan para menteri melanjutkannya kepada struktur di bawahnya.

Kita ambil contoh di kementrian Pendidikan. Presiden cukup memberi instruksi atau Himbauan kepada Menteri Pendidikan untuk ikut dalam Vote mendukung Komodo. Dari bapak menteri dilanjutkan ke Tingkat propinsi, kemudian dilanjutkan ke tingkat Kabupaten, dilanjutkan ke tingkat Kecamatan, dilanjutkan ke tingkat desa, Bahkan bila perlu para Siswapun di ajak untuk ikut Vote Komodo. Bahkan jika Asumsi di atas kita tambah dengan  kata-kata “Beserta staf dan Keluarganya”, Maka dari satu institusi saja, akan memperoleh dukungan dari Jutaan Voter di Indonesia.

Mari kita semua bersatu  dalam memenangkan pulau komodo menjadi new7wonders dengan mengetik KOMODO kirim atau ke 9818, atau bagi para netter bisa langsung ke sini.
Voting SMS, telepon, dan email ditutup 11 November mendatang