on Selasa, 11 Oktober 2011


Obyek Wisata Pantai Kartini ini terletak sekitar 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Tepatnya di kelurahan Bulu kecamatan Jepara dan merupakan obyek wisata alam lokal kebanggan kabupaten Jepara yang telah menjadi dambaan wisatawan domestik.
Suasana di sekitar pantai yang cukup sejuk dan alami, Ombaknya yang tidak begitu besar, udaranya yang segar, hamparan pasir putihnya yang luas, dan terumbu karangnya yang cantik, merupakan daya tarik tersendiri bagi obyek wisata Pantai Kartini. Dengan kondisi pantai yang seperti ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, sepak bola, dan jalan-jalan atau hanya sekedar menikmati pemandangan alam, sehingga memberikan kesan tersendiri buat pengunjung, sehingga tempat ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainnya.
Ditempat ini pula para pengunjung dapat melepaskan lelah dengan duduk-duduk di bawah gazebo sambil menghirup udara segar bersama terpaan angin laut.
Pantai Kartini letaknya sangat mudah dijangkau karena letaknya yang sangat berdekatan dengan terminal kota Jepara, dari terminal pengunjung  dapat berjalan kaki atau naik becak menuju pantai kartini.

Berbagai sarana pendukung seperti dermaga, sebagian aquarium Kura-kura, motel, permainan air untuk anak-anak dan lain-lain telah tersedia untuk para pengunjung. Wahana hiburanlainnya yaitu kereta kelinci, mobil dan sepeda motor tenaga  ACCU untuk anak anak, dan juga berbagai macam souvenir khas kota Jepara. O iya di dalam pantai Kartini ada sebuah bangunan yang berbentuk kura-kura raksasa.
Tak jauh dari area wisata itu juga terdapat penginapan, Restoran, mini market, dan kerajinan tangan khas Jepara  dan terdapat pula deretan toko souvenir kerajinan laut yang dapat dijadikan buah tangan para wisatawan.



Apabila lapar kita dapat menikmati sedapnya ikan bakar yang banyak dijual disekitar lokasi pantai Kartini.

Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju obyek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. Sekarang juga sudah tersedia sarana transportasi ke Karimunjawa dari dermaga Pantai Kartini yaitu KMP. MURIA dengan waktu tempuh sekitar 6 jam atau bisa juga menggunakan Kapal Cepat KARTINI I dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.