on Minggu, 18 Januari 2009
Kalisuci merupakan wisata goa karst dengan sungai bawah tanah yang saat ini dijadikan sebagai sebuah objek wisata baru di Kabupaten Gunung Kidul. Kalisuci terletak sekitar 10 kilometer dari Wonosari yaitu tepatnya diDesa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Tempat ini sebenarnya sudah mulai dirintis sebagai tempat wisata pada era pemerintahan Soeharto sekitar tahun 1997 yaitu dengan pembangunan tangga untuk akses ke bawah sungai, akan tetapi kurangnya perhatian dari pemerintah setempat kemudian menjadikan tempat ini tidak terawat dengan baik, malah digunakan oleh warga sekitar untuk keperluan mandi dan mencuci. Ini sungguh halnya yang sangat menyedihkan karena dapat mencemari kondisi air sungai bawah tanah tersebut..

Pertama melihat tempat ini rasanya sungguh menakjubkan. Aku pertama kali ke tempat ini saat sedang melaksanakan KKN PBA (Pemberantasan Buta Aksara) yang diselenggarakan oleh UGM di Kecamatan Semanu pada bulan Juli- Agustus tahun 2008. Waktu itu tempat tersebut belum dijadikan objek wisata jadi belum ada uang pungutan retribusi.

Ditengah kondisi Gunungkidul yang begitu kering dimusim kemarau ternyata ada banyak sungai bawah tanah yang terus mengalir dan begitu menyejukkan. Aliran air yang begitu deras dan terlihat biru seperti menggoda untuk sekedar bermain air disana. Aku dan empat orang temanku pun segera berlarian ke arah air untuk meraihnya. Panasnya terik matahari yang menyengat sewaktu dalam perjalanan ke tempat ini akhirnya terhapus sudah dengan sejuknya air dari sungai bawah tanah yang mengalir deras tersebut.

Habis maen air aku dan teman- teman kemudian melihat pemandangan sekitar. Sungai dengan air yang mengaliir begitu jernih masuk menembus goa karst yang begitu besar sehingga menimbulkan ketakjuban yang luar biasa. Sungai bawah tanah kalisuci ini menembus beberapa goa yang juga sering digunakan oleh Pencinta Alam untuk melakukan kegiatan penelusuran goa seperti Goa Grubug dan Goa Jomblang. Tidak lupa kamipun melakukan kegiatan wajib kami ketika maen ke suatu tempat yaitu foto- foto. Entah karena narsis atau memang pantas untuk diabadikan sehingga menjadikan kami asyik berfoto- foto disana. Bentukan karst yang manghiasi mulut goa menjadikan sebuah background yang begitu menarik untuk difoto.


Saat itu ada pula beberapa warga sekitar yang sedang mandi dan mencuci disana. Ada pula beberapa pengunjung yang kebetulan juga lagi mampir ke kalisuci. Memang sebuah hari yang menyenangkan disela- sela program KKN yang begitu padat aku dan teman- teman sempat mengunjungi wisata goa karst yang begitu indah ini.

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang